TKB90 = 100%

Definisi Risiko Pendanaan


Adalah kemungkinan terjadinya kerugian terhadap pendanaan yang dilakukan oleh Lender. Untuk itu, Lender dianjurkan untuk mempertimbangkan berbagai macam risiko yang diprediksi bisa terjadi sebelum memberikan pembiayaan melalui platform PAPITUPI Syariah.

Meskipun PAPITUPI Syariah memiliki sistem credit-scoring yang akurat, tim penilai kredit yang kompeten, dan hanya akan memberikan pembiayaan kepada badan atau perorangan yang memiliki tingkat kelayakan kredit yang baik, namun risiko yang melekat pada pendanaan Anda tidak dapat sepenuhnya dihindarkan.

Dalam setiap kegiatan pendanaan, Lender selalu memiliki potensi kehilangan seluruh pendanaannya atau mendapati pembayaran pembayaran angsuran yang akan diterima terpengaruh oleh beberapa hal. Untuk menghindarinya, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu risiko-risiko berikut ini untuk kemudian menentukan langkah yang tepat dalam melakukan pendanaan.

Gagal Bayar


Dengan fasilitas pendanaan yang ditawarkan oleh PAPITUPI Syariah saat ini yaitu sistem mitigasi risiko berupa credit-scoring, verifikasi, dan credit-grading yang lengkap sebagai layanan tanpa agunan, namun kemungkinan terjadinya gagal bayar oleh Borrower pada platform kami akan tetap ada. Level akurasi dari credit-scoring dan grading yang kami gunakan juga tidak dapat merefleksikan kondisi dan karakter kredit Borrower secara utuh. Selain itu, Borrower bisa mengalami gagal bayar karena kondisi di luar dugaan seperti sakit keras atau meninggal dunia.

Oleh karena itu, apabila Borrower mengalami wanprestasi atau gagal bayar atas pembiayaannya, PAPITUPI Syariah akan segera menginformasikan kepada Lender dan melakukan usaha-usaha penagihan kepada Borrower sebagai komitmen kami untuk mendapatkan penyelesaian yang menguntungkan bagi semua pihak, terlebih Lender.

Usaha penagihan akan kami jalankan melalui Unit Penagihan Pihak Ketiga dengan upaya-upaya yang sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. Meskipun demikian, PAPITUPI Syariah tidak dapat menjamin kesuksesan dari Pihak Ketiga atau upaya-upaya hukum untuk menagihkan sisa pembiayaan sehingga Lender tetap dapat mengalami kerugian sepenuhnya dari pendanaan yang ditanamkan.

Fraud


Fraud merupakan kondisi dimana Borrower bukanlah pemilik identitas sebenarnya sehingga terdapat kemungkinan tidak dilakukan pembayaran sama sekali. Borrower bisa jadi merupakan korban pencurian identitas atau oknum yang melakukan pemalsuan informasi gaji dan kewajiban utang yang dapat mempengaruhi kemampuan bayar mereka. Untuk menghindarinya, PAPITUPI Syariah akan memproteksi Lender dengan sistem pengamanan dan manajemen risiko yang mutakhir.

Resesi atau Krisis Ekonomi


Pembiayaan peer-to-peer lending memiliki basis online dan telah berjalan lebih dari satu dekade, namun tidak ada jaminan bahwa skema tersebut akan bertahan apabila terjadi resesi atau krisis ekonomi. Dalam kondisi tersebut, diperkirakan kejadian wanprestasi atau gagal bayar akan meningkat dan menyebabkan penurunan pada tingkat pengembalian Lender.

PAPITUPI Syariah Pailit


Risiko pailit yang diakibatkan oleh kondisi-kondisi di luar dugaan memang tidak dapat dihindarkan oleh perusahaan manapun, namun PAPITUPI Syariah akan terus menjaga eksistensi perusahaan dengan mengandalkan reputasi dan portofolio investasi yang berintegritas, didukung oleh manajemen dan tim operasional yang solid dan berpengalaman.


DISCLAIMER

Seluruh isi dan materi dalam platform PAPITUPI Syariah bertujuan untuk memberikan informasi kepada Pengguna. Perusahaan tidak menghimpun dan mengelola dana masyarakat, serta tidak memberikan segala bentuk penawaran, saran, atau rekomendasi investasi.

Terdaftar Dan Diawasi Oleh: